Kapolda akan Berkantor di Gedung yang Baru

Kapolri Bakal Resmikan Mapolda Baru Secara Virtual  18 Desember 2020

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto SIK

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Gedung Kepolisian Daerah (Polda) Riau yang berlokasi di Jalan Pattimura, dalam waktu dekat ini, mulai digunakan. Untuk peresmiannya, langsung dilakukan Kapolri Jenderal Idham Aziz. Informasi yang diterima, peresmian ini, akan dilakukan Kapolri secara virtual di tengah Pandemi Covid-19 ini. Kabar ini dibenarkan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto SIK, saat dihubungi, Selasa (15/12/2020).''Benar kalau tidak ada rintangan, gedung Mapolda Riau di Jalan Pattimura bakal diresmikan Kapolri secara virtual,'' sebut Sunarto. Waktunya, sambung Sunarto, rencananya akan dilakukan, Jumat (18/12/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Di sisi lain, sejak Senin (14/12/2020) ini, pihaknya telah mengangsur  pemindahan barang-barang inventaris milik Polda. Selanjutnya, paska diresmikan nanti Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi SH SIK MSi sudah mulai berkantor di gedung Mapolda yang baru.''Untuk inventaris sudah mulai berangsur dipindahkan sejak Senin kemarin. Setelah diresmikan, Kapolda mulai menempati kantor baru,'' jelas Sunarto.Sebelum difungsikan menjadi Gedung baru Polda Riau. Lahan bekas sekolah Polisi Negara (SPN) itu dibangun di atas tanah seluas 6 hektare. Ukuran luas bangunan 22.000 meter persegi.

Sesuai master plan nya, bangunan utama Mapolda, yang terdiri dari lima lantai dan di bawah nya lantai basement. Sedangkan secara keseluruhan, luas bangunan sendiri mencapai 16.588 meter persegi.Selanjutnya, bangunan kedua, di bagian barat. Untuk lantai I akan difungsikan untuk ruang Direktorat Samapta sedangkan lantai II untuk Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) dan Bidang Humas.  Untuk gedung ini dua lantai itu memiliki luas bangunan dengan 2.916 meter persegi.

Sedangkan pada ketiga, di bagian timur akan difungsikan sebagai kantor Dittahti dan Ditresnarkoba. Konsep bangunan nya, sama dibuat dua lantai dan luas bangunannya 2.916 meter persegi. Lalu, gedung bagian depan yang difungsikan untuk SPKT di lantai I, sementara lantai II untuk Bidang Dokkes dan Command Center. Bangunan ini juga berdiri dua lantai, tapi luas bangunannya cukup kecil dibanding dengan yang lainnya, yakni 1.188 meter persegi. Untuk diketahui, pembangunan gedung Mapolda baru itu, dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau. Proyek bernama Pekerjaan Fisik Pembangunan Gedung Kantor Polda Riau.Untuk pembiayaan pembangunan nya, digunakan dari dana APBD Provinsi Riau Tahun Anggaran (TA) 2018 dengan nilai pagu Rp170.132.976.000. Proyek dimenangkan PT MAM Energindo setelah menyingkirkan 129 perusahaan lainnya dengan nilai penawaran Rp161.626.000.0000.  Dalam hal pengadaan meubelair, Pemprov juga membantu di tahun 2019 lalu, dengan mengucurkan dana sekitar Rp10 miliar lebih.(Hd)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar